MENGENAL TAMPILAN LEMBAR KERJA M. EXCEL



Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.

Microsoft Excel adalah salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan angka.


Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

* Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

* Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

* Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

* Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

* Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

* Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

* Melakukan analisa serta riset harga.

* Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

* Melakukan konversi mata uang.

* Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.



. Jenis Aplikasi Pengolah Angka 

Jenis aplikasi pengolah angka yang ada antara lain :

* Kspread

* Star Office Calc

* Open Office Calc

* GNOME - GNumeric

* Xess, Lotus 123

* Microsoft Excel



 Mengenal Tampilan Lembar Kerja M.excel

Nomor 1. Tab Ribbon : Seperti yang anda lihat, Tab Ribbon terdiri dari beberapa tombol menu / tools (tombol perintah) yang terdiri dari :

  • Tab File : berisi perintah standar seperti Open, Save, Print dan lainnya.
  • Tab Home : berisi tombol perintah yang biasa digunakan untuk memformat data, seperti tombol copy/paste, mengatur ukuran font, perataan, format number dan sebagainya.
  • Tab Insert : berisi tombol perintah untuk menyisipkan object, seperti tabel, gambar, Pivot Table, Chart, Simbol dan lain sebagainya.
  • Tab Page Layout :  berisi tombol perintah untuk mengatur Tampilan Lembar Kerja, seperti Themes, Page Setup, Scale to Fit (Mengatur tinggi dan lebar sebuah Cell) dan lain sebagainya.
  • Tab Formulas : berisi beberapa rumus yang akan nantinya kita akan gunakan dalam mengolah data.
  • Tab Data : berisi perintah dalam mengolah data, seperti memanggil data dari database memfilter data dan sebagainya.
  • Tab Review : berisi perintah untuk mengatur bahasa, membuat comments terhadap cell tertentu, membuat protection terhadap halaman kerja excel kita dan lain sebagainya.
  • Tab View : berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan tampilan workbook, zoom, freeze panes dan lain sebagainya.

Nomor 2. Groups : bagian yang berisi sekumpulan tools atau tombol perintah dari masing-masing menu tab. Beberapa fungsi dari masing Tab, telah admin jelaskan diatas.

Nomor 3. Quick Access Toolbar : berisi tombol perintah untuk melakukan perintah yang sering kita lakukan, seperti menyimpan, Undo (Magembalikan aksi sebelumnya) dan Redo (Meneruskan Asksi).

Nomor 4. Tombol Minimize (Memperkecil Jendela Kerja) : Tombol Maximize (Memperbesar Jendela Kerja), Tombol Close (Menutup Jendela Kerja).

Nomor 5. Tombol Navigasi Sheet : berfungsi untuk menggeser kumpulan sheet, dari sheet urutan pertama ke sheet urutan terakhir. Ini sangat berguna jika kalian memiliki banyak sheet (lembar kerja) dalam satu file excel (workbook).

Nomor 6. Tombol Sheet atau tab sheet : merupakan kartu yang menampung nama-nama dari sheet dalam excel. Misalkan kalian punya beberapa data sebut saja data siswa dan data guru, maka akan lebih baik jika kalian menaruh kedua data tersebut dalam sheet yang berbeda.

Nomor 7. Tombol Minimize(Memperkecil jendela sheet) : Tombol Maximize(Memperbesar jendela sheet), Tombol Close(menutup jendela sheet).

Nomor 8. Zoom Level : sebuah tombol untuk mengatur besar dan kecilnya tampilan jendela kerja.

Nomor 9. Scroll Bawah : untuk menggeser jendela worksheet, ini sangat membantu jika data dalam worksheet sangat banyak dan memanjang ke kanan.



. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
8. Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
17. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
18. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
19. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.


Berikut ini adalah tampilan dan bagian-bagian Microsoft Excel beserta fungsinya.




1. Name Box

Name box adalah bagian Microsoft Excel yang terletak di sebelah kiri atas di bawah ribbon yang memberi informasi tentang sel yang sedang aktif. Fungsi name box pada microsoft excel adalah untuk menunjukkan posisi sel yang aktif sehingga pengguna dapat mengetahui posisi baris dan kolom sel tersebut.


Pada kotak name box tersebut akan tampil posisi sel huruf dan angka. Huruf menandakan posisi kolom sedangkan angka menunjukkan posisi baris. Misalnya B3 berarti sel yang aktif adalah pada kolom B di baris 3.


2. Formula Bar

Formula bar adalah bagian MS Excel yang berada di sebelah Name Box yang berfungsi untuk memasukkan, mengedit dan menampilkan isi dari sel yang aktif. Isi yang dimaksud dapat berupa berbagai hal mulai dari teks, angka dan juga rumus atau fungsi.

Column Headings (Nama Kolom) 

Column headings atau nama kolom terletak di atas sel-sel pada area worksheet. Fungsi dari Column Headings adalah untuk menunjukkan nama dari masing-masing kolom. Setiap kolom diberi nama berupa huruf.

4. Row Headings (Nama Baris)

Row headings atau nama baris terletak di samping kiri sel. Berbeda dengan penamaan kolom yang berupa huruf, penamaan baris adalah berupa angka. Row headings juga dapat digunakan untuk menyorot semua sel pada baris tersebut hanya dengan melakukan klik pada heading tersebut.

5. Worksheet Area

Sebenarnya sama dengan MS Word, Worksheet adalah lembar kerja tempat kita memasukkan konten di dalam aplikasi MS Excel. Hal yang membedakan adalah pada Microsoft Excel wordsheet berupa tabel.

6. Sheet Tabs

Sheet tabs terletak di bawah worksheet yang berfungsi untuk beralih ke worksheet lainnya. Pada sheet tabs kita dapat menambahkan worksheet baru, mengedit nama, menghapus worksheet dan juga memberi warna pada tab tersebut.

Secara garis besar, 6 bagian di atas sangat penting untuk dipahami. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menguasai MS Word sangat disarankan sebelum belajar MS Excel. Seperti pada materi ini, ada bagian-bagian yang sudah dijelaskan di Word dengan sangat lengkap.

Postingan populer dari blog ini

DESAIN GRAFIS